Belajar Bisnis Online dari Hobi | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Belajar Bisnis Online: Dari Hobi Jadi Bisnis

Belajar Bisnis Online: Dari Hobi Jadi Bisnis

Belajar Bisnis Online: Dari Hobi Jadi Bisnis

Jika Anda menyukai sesuatu, mungkin terpikir oleh Anda kemungkinan membuatnya menjadi bisnis besar. Tetapi perlu Anda pikirkan bagaimana melakukan lompatan dari hobi ke bisnis. Anda perlu tahu kapan waktu tepat melakulan lompatan.

Kapan Merubah Hobi Jadi Bisnis?

Ketika Anda jadi semakin mumpuni dalam hobi Anda di waktu luang, mungkin teman-teman Anda mulai menyarankan Anda melakukan bisnis, mungkin inilah saat menjadikan hobi sebagai bisnis. Entah sebagai kegemaran sampingan atau bisnis full time, menjadi wiraswasta pula untuk usaha kecil awal adalah langkah yang baik. Menjalankan bisnis Anda berdasarkan passion Anda memberi kesempatan bagi Anda menuangkan bakat dan energi dalam usaha yang Anda miliki sendiri, di mana Anda adalah bosnya. Ini kesempatan mengembangkan keahlian yang tak bisa Anda dapatkan pada pekerjaan Anda sebagai karyawan.

Jadi bagaimana Anda tahu saat yang tepat menjadikan hobi sebagai bisnis? Sebagai pemula dalam bisnis, Anda harus siap hadapi tantangan, karena memulai  bisnis butuh stamina yang kuat. Sebagai catatan, yang dulunya sebagai hobi untuk santai bersenang-senang, sekarang ada deadline yang harus dipenuhi dan tuntutan pelayanan. Tentu saja Anda perlu melengkapi diri Anda dengan skill atau pengetahuan yang lain – misalnya cara menjual atau memasarkan produk termasuk praktek belajar internet marketing atau pun belajar mengelola keuangan perusahaan. Apa pun itu Anda butuh belajar dan praktek.

Bagaimana merealisasikan ide bisnis jadi kenyataan?

Jika Anda ingin menjadikan bisnis menjadi hobi, ini merupakan lompatan dalam hidup Anda, inilah saatnya mewujudkan ide jadi nyata.

Pertama, tetapkan tujuan atau sasaran bisnis Anda. Ingin mencari pendapatan tambahan atau mewujudkan impian keluar atau resign dari pekerjaan Anda atau ingin bekerja untuk diri Anda dengan memiliki bisnis sendiri? Lakukan riset atau penelitian untuk usaha Anda, apakah pasarnya layak dan berkelanjutan.

Setelah siap dan adanya permintaan terhadap produk dan jasa Anda, langkah selanjutnya membuat business plan yang memberi batasan bagaimana mengelola usaha Anda, pasar yang jadi sasaran, strategi pemasaran dan penjualan yang dilakukan agar menguntungkan, sesuai proyeksi keuangan. Pikirkan rencana usaha yang membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang.

Setiap bisnis butuh identitas brand jadi pikirkan untuk membuat brand yang tepat bagi usaha Anda.

Tentu ini termasuk nama usaha Anda, logo, dan skema warna yang Anda gunakan. Dalam branding, lakukan secara konsisten dalam muatan pemasaran online Anda serta kehadiran online brand Anda di social media. Inilah pentingnya belajar social media marketing, seperti YouTube marketing, Instagram marketing atau pun Facebook marketing. Bangunlah website yang memuat halaman yang menjelaskan siapa Anda, apa usaha Anda, produk atau jasa Anda dan pikirkan bagaimana customer bisa bersama usaha Anda.

Ubah Hobi Jadi Bisnis

Proses merubah hobi jadi bisnis awalnya memang penuh tantangan juga menarik jika dinikmati mengasyikan. Jika Anda memiliki impian mentransformasi apa yang Anda sukai menjadi usaha yang menguntingkan, Anda bisa pertimbangkan untuk memulainya. Dengan mengambil langkah yang perlu dalam mewujudkan ide menjadi kenyataan, Anda dalam perjalanan memulai dan menjalankan bisnis Anda sendiri. Misalnya: dari hobi mancing menjadi penjual alat pancing atau membuka tempat pemancingan, dari hobi beladiri membuka toko peralatan beladiri, dari hobi menulis menjadi penulis dan penjual buku, dari hobi jalan jalan menjadi affiliate usaha wisata atau jual alat traveling.

Tentu dalam membuka bisnis atau berwirausaha, Anda perlu memikirkan bagaimana pemasarannya, diantaranya pemasaran online atau marketing online yang bisa Anda pelajari di KursusSb1m.com.

SB1M merupakan komunitas yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan tempat internet marketing di Indonesia. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau KLIK BANNER BERIKUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.