Ilmu Marketing Online: Psikologi Marketing Website | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Ilmu Marketing Online: Psikologi Marketing Website

Ilmu Marketing Online: Psikologi Marketing Website

Psikologi Internet Marketing Bantu Tingkatkan Omzet Penjualan Bisnis Anda

Dalam praktek belajar marketing online dasar, apa sih yang bisa dilakukan agar penjualan online lewat website Anda meningkat?

1. Pahami Customer Anda

Sebelum mencoba teknik persuasi psikologis, pahami siapa customer Anda atau dengan siapa Anda berhadapan. Apa yang bisa berjalan untuk seseorang, belum tentu bisa berjalan jika diterapkan untuk orang lain. Benar, bahwa ada beberapa hal mendasar yang dilakukan penjual, tetapi setiap lawan bicara atau pun pemirsa tetapi setiap pemirsa yang menjadi target Anda punya cara berpikir berbeda-beda yang perlu Anda ketahui untuk memaksimalkan kesempatan sukses Anda. Pahami apa yang dilakukan pemirsa atau netizen bersama website Anda, berapa lama mereka mencari info dalam website Anda, apa yang mereka klik, dll. Website analytics, seperti Google website analytics, memberi informasi tentang laluluntas dan perilaku pengunjung website, ini bisa dijadikan alat mengamati tingkah laku pengunjung website secara psikologis. Anda bisa melakukan survei online untuk menvari tahu keinginan dan harapan customer atau calon pembeli. Bahkan Anda bisa mengincar target pemirsa yang memiliki minat atau pun profesi tertentu.

2. Fokus Pada Kecepatan

Tak seperti toko fisik atau pasar tradisional, orang bisa mengunjungi website dan langsung cabut dalam beberapa detik. Jika tak lihat apa yang mereka cari, mereka langsung cabut dan cari website lain yang bisa langsung memberi info yang mereka inginkan. Pokoknya mereka mau cepat. Ada situs yang menampilkan banyak hal membuat pengunjung masih harus scroll ke bawah mencari-cari apa yang mereka inginkan. Secara online, rentang perhatian memang sangat rendah – diukur dalam sepersekian detik. Jika Anda langsung jelas dengan apa yang mereka tawarkan, mereka langsung meninggalkan situs Anda. Untuk beberapa jenis bisnis Anda perlu menampilkan halaman konversi atau landing page di halaman home atau pun bisa dengan halaman-halaman khusus menjual produk tertentu.

3. Jalin Ikatan

Satu hal yang menggerakan pemirsa website adalah pengetahuan yang disukai orang lain. Kita semua ingin disukai. Jika Anda mengabaikan customer, jika Anda tak menunjukkan bahwa Anda mencintai mereka, hubungan dengan mereka pun kurang bahkan mengabaikan Anda. Bayangkan Anda sedang di sebuah toko. Anda melihat-lihat barang di saba tetapi penjualnya malah mojok sambil curhat tentang kisah cinta mereka. Anda merasa tak sigubris bahkan cabut. Ini sama halnya mengapa netizen tidak memperhatikan Anda. Itulah mengapa Anda perlu merespond komentar, pesan elektronik, email, mentionan sosmed. Beri kejelasan bagi calon customer Anda. Jangan abaikan mereka.

4. Tampilan Sebagai Kesan Pertama

Itu merupakan komponen penting dalam psikologi internet marketing, tetapi masih banyak hal psikologis yang perlu Anda pertimbangkan seperti pemilihan tampilan website agar laris. Juga, kecenderungan gambar apa yang dilihat orang. Juga penempatan gambar agar menarik banyak pembeli. Jangan sampai mereka cabut sebelum dapat info penting dari Anda.Apa pikiran orang akan pilihan warna website Anda, pilihan warna tombol atau bannernya?

5. Pertimbangkan Pemicu Ingatan

Pemicu memori atau ingatan membantu menjadikan usaha Anda menjadi buah bibir, faktor kognitif seperti mudah dibacanya jenis huruf dan teks yang Anda muat baik warna mau pun besar teksnya, serta elemen lain yang secara psikologis mempengaruhi penjualan dan mudah diingat netizen. Apakah pembaca dengan cepat memahami situs Anda? Apakah tulisan Anda fokus akan apa yang Anda tawarkan atau info yang mereka inginkan? Apa yang bisa membuat website Anda populer? Apakah orang akan mensharingkannya? Saat netizen mengunjungi halaman website, apakah mereka melihat apa yang Anda ingin mereka lihat? Apakah halaman situs Anda menyentuh emosi pembaca?

 

Pelajari teknik internet marketing, dapatkan tips dan video tutorial gratis belajar marketing online via email dengan DAFTAR FREE di KursusSb1m.com .

SB1M merupakan komunitas yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan tempat internet marketing di Indonesia. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau KLIK BANNER BERIKUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.