Belajar Marketing Online: Logo dan Branding | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Belajar Marketing Online: Logo dan Branding

Belajar Marketing Online: Logo dan Branding

Belajar Marketing Online: Logo dan Branding

Mungkin banyak yang berpikir bahwa branding itu hanya untuk perusahaan besar seperti McDonalds dan Apple. Pemikiran ini kurang tepat. Pebisnis Usaha Kecil Menengah (UKM) beberapa salah paham bahwa biaya branding itu besar. Mulai dari biaya membuat logo sampai mencitrakan brand usaha Anda.


Dalam belajar internet marketing pemula, Anda bisa mendesain logo sendiri, atau hire orang untuk mendesain logo. Atau buat logo pakai aplikasi Canva.


Branding itu untuk semua dan bisa dimulai dengan tak harus mahal. Terutama dengan kemajuan teknologi informasi dan teknologi digital, banyak yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda masuk ke benak ingatan customer. Branding itu tak hanya sekedar logo pada kartu nama Anda. Branding adalah segala yang Anda perjuangkan untuk customer, reputasi Anda, penampilan Anda dan usaha Anda, visi dan misi usaha Anda, ciri khas usaha Anda. Singkat kata, branding adalah kisah Anda, kisah usaha Anda dan kisah hubungan Anda dengan customer. 


Mulailah mempraktekan langkah-langkah branding untuk usaha kecil menengah Anda:


1. Langkah pertama branding untuk usaha kecil Anda adalah memahami siapa diri Anda. Kemudian memahami customer dan usaha Anda. 


2. Langkah Kedua: pikirkan apa yang membuat bisnis Anda beda dari yang lain.Apa yang membedakan bisnis Anda dengan usaha lain yang sama? Bisa karena apa yang Anda jual itu buatan tangan atau handmade. Bisa kaeena bisnis Anda sudah berdiri bertahun-tahun Bisa saja produk Anda ramah lingkungan atau aman digunakan. Tak harus sesuatu yang besar. Cukup tampilkan keotentikan usaha Anda. Apakah yang membuat usaha Anda beda itu menarik? Apakah tempat usaha Anda instagramable? Apakah kemudahan unik yang Anda berikan ke customer? 
Apapun itu, kunci tampil beda adalah apa yang bisa membuat Anda atau usaha Anda menyolok atau sesuatu yang ingin bangun kedalam identitas brand Anda. Anda akan menarik perhatian dan membangun kepercayaan dengan menjadi diri Anda yang otentik.


3. Siapakah Customer Anda?Terdengar sederhana tetapi banyak bisnis atau usaha yang tak memikirkan siapa orang yang menjadi target mereka. Anda harus tahu kepada siapa Anda berjualan. Berapa umur mereka? Berapa besar penghasilan mereka? Laki laki atau perempuan? Mengapa mereka menggunakan produk Anda? Kapan mereka menggunakannya? Apa minat mereka? Di mana lokasi customer Anda?

4. Apa misi Anda?Pikirkan 1 sampai 3 kalimat tentang misi Anda. Pernyataan yang mencakup tak hanya apa yang Anda lakukan tetapi juga mengapa Anda melakukannya. Misi Anda ini menjadi pedoman arah Anda. Saat mentok, lihat kembali misi Anda agar terbantu dalam membuat pilihan yang tepat.


5. Buat brand Anda mudah diingat.Apa yang membedakan Brand yang bagus? Brand yang bagus berkeaan dan mudah diingat. Namanya unik, berkesan dan mencerminkan apa yang dilakukan serta semangat dari usaha itu. Brand yang bagus terlihat akrab, aplikasi dan websitenya mudah digunakan. 

SB1M merupakan komunitas yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan tempat internet marketing di Indonesia. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau KLIK BANNER BERIKUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.