Belajar Internet Marketing Dasar: Mengenal Konsumen dan Pesaing | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Belajar Internet Marketing Dasar: Mengenal Konsumen dan Pesaing

Belajar Internet Marketing Dasar: Mengenal Konsumen dan Pesaing

Belajar Internet Marketing Dasar: Mengenal Konsumen dan Pesaing

Kenali lawanmu dan kenali dirimu sendiri maka kamu bisa bertempur di ribuan pertempuran tanpa bencana – Sun Tzu, Ahli Seni Perang

 

Kenali lawan atau pesaing Anda. Ini juga berlaku dalam praktek belajar marketing online. Cari tahu siapa kompetitor Anda di Google. Lihat website website yang menjual produk atau yang sama dangan Anda yang berada di posisi pertama atau halaman pertama hasil pencarian kata kunci di Google. Bahkan brand besar pun melakukan hal ini. Identifikasikan pesaing bisnis Anda.

 

Tak hanya produk dan jasa yang sama, bisa saja terjadi kompetisi secara tak langsung misalnya tempat fitness, tempat terapi langsing dengan obat pelangsing atau jasa penulis artikel bersaing dengan tools mesin penulis artikel otomatis.

 

Kompetisi tak langsung ini juga bisa terjadi antara brand yang menawarkan produk atau jasa yang bersaing dengan bisnis Anda tetapi mereka menawarkannya diluar niche Anda. Misalnya, sama-sama jual baju atau celana anti air, tetapi mereka masuk lewat ke perlengkapan sport atau jual alat outdoor. Atau bisa saja sebagai penjual jaket kulit, Anda mengira toko jaket kulit adalah pesaing Anda tetapi bisa saja pesaing Anda adalah toko fashion yang komplit yang juga jual jaket kulit.

 

Untuk membuka tabir kompetisi tak langsung, meulailah debgan riset keyword atau kata kunci pencarian di Google keyword tool. Anda akan menemukan anjuran kata kunci. Karena target audience Anda mengetik berbagai kata kunci pencarian di Google search engine untuk mencari produk atau jasa yang seperti yang Anda tawarkan, riset online dengan Google merupakan langkah pertama yang bijak untuk dilakukan.

Mengenal customer dan kompetitor

Dengan mengenal pesaing Anda, baik yang berada di rangking atas, baik dalam persaingan langsung atau tak langsung, saatnya Anda melakukan analisa lebih lanjut untuk kemudian praktek pemasaran online.

 

NB: Artikel ini diposting oleh komunitas belajar internet marketing dasar KursusSb1m.com

SB1M merupakan komunitas netpreneur yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan kursus internet marketing di Indonesia. Anda bisa belajar pemasaran online untuk menunjang bisnis dan meningkatkan pendapatan dan anda akan diajari dari 0. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau PinBBM MASDIDIK

Gabung yuk di komunitas bisnis kami dengan KLIK gambar berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *