Cara Menentukan Perubahan Niche Market dalam Mencari Market | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Cara Menentukan Perubahan Niche Market dalam Mencari Market

Cara Menentukan Perubahan Niche Market dalam Mencari Market

Cara Menentukan Perubahan Niche Market dalam Mencari Market

Kapan Anda Harus Merubah Niche Market atau Segmen Pasar Spesifik Usaha Anda? Berikut Cara Menentukan Perubahan Niche Market dalam Mencari Market

 

Dalam belajar internet marketing , Niche memang salah satu cara membuat blog Anda menarik dan unik. Apa yang harus dulakukan jika niche market atau segmen pasar spesifik yang telah Anda pilih ternyata tak begitu menguntungkan seperti yang Anda kira? Jangan putus asa dulu. Artikel ini akan membahas kapan Anda merubah niche Anda dan bagaiman merubahnya.

 

Pemilihan niche atau segmen pasar yang dibidik secara spesifik merupakan kunci keberhasilan pemasaran dan merupakan keunggulan dibandingkan toko umum biasa. Jika Anda tahu dengan tepat produk jenis apa atau jasa apa yang akan Anda tawarkan, tentu lebih terarah dalam menentuoan siapa pemirsa atau calon pembeli yang Anda bidik, bagaimana mempromosikan usaha Anda dan memilih produk yang tepat untuk dijual.

 

Tapi tak berarti asal-asalan memilih niche yang asal spesifik pasti sukses. Semua pengusaha yang ada punya banyak ide bisnis tetapi tak semua mendapat perhatian luas bahkan perhatian dunia. Agar menemulan niche yang bagus, Anda perlu melakukan analisis pasar.

 

Meskipun sudah melakulan penelitian yang serius, bisa saja usaha Anda tak berjalan lancar penjualannya. Kabar baiknya ada cara merubah niche usaha Anda meski setelah Anda melaunching toko online Anda. Tapi pertama-tama, Anda harus tahu kapan Anda benar-benar perlu merubah niche atau segmen pasar Anda.

 

Berikut 4 alasan merubah niche usaha Anda:

 

1. Sales Turun atau bahkan tak ada peniualan.

Jika Anda mulai rugi, ini pertanda jelas ada yang salah dari usaha Anda. Tetapi di sini Anda perlu hati-hati karena turunnya peniualan atau tak ada penjualan bisa disebabkan berbagai faktor. Bisa karena kesalahan dalam promosi, strategi pemasaran yang salah atau naik turunnya permintaan secara musiman.

 

2. Upaya yang sama membuahkan hasil lebih buruk.

Jika dulunya berjalan baik setahun lalu tetapi sekarang buruk, ini tanda adanya perubahan di pasar. Melakukan yang sama tapi berharap hasil yang tetap baik merupakan kekonyolan. Jangan mentradisikan hal yang sudah tak efektif.

 

3. Anda melihat adanya peluang baru.

Jika Anda melihat sesuatu dengan potensi berkembang yang tak Anda lihat saat memulai bisnis, ini merupakan kesempatan untuk perbaikan. Tetapi sebelum melakukan sesuatu, lakulan analisis yang tepat untuk memastikan ini bukan khayalan Anda semata.

 

4. Anda tak merasa puas

Meski ini bisnis, jangan abaikan perasaan pribadi Anda. Dalam banyak praktek bisnis online baik itu dropship, affiliate atau pun jual produk sendiri, banyak tergantung pada hasrat atau passion. Jika Anda tak lagi merasa terinspirasi, bisa jadi saatnya Anda banting stir merubah arah.

 

Sekali lagi, jangan keburu nafsu, ini bukan berarti Anda perlu merubah niche atau segmen pasar Anda. Bisa saja Anda hanya lelah dan butuh rekreasi atau Anda sedang jenuh mengalami hari-hari berat hidup Anda.

Tempat Kursus Belajar Internet Marketing di Jakarta Sb1m

Lalu, bagaimana menyesuaikan perubahan tethadap niche atau segmen pasar spesifik usaha Anda?

 

Cara Merubah Niche atau Segmen Pasar Bisnis Online Anda

 

Sebenarnya secara umum merubah niche atau merubah segmen pasar spesifik bukanlah ide bagus karena semua di toko online Anda atau yang Anda jual harus sesuai dengan perubahan ini. Nama toko atau bahkan nama web atau blog serta desain diselaraskan dengan apa yang Anda jual. Tetapi jangan kuatir karena ada cara aman untuk merubah niche atau segmen pasar usaha online Anda.

 

Berikut beberapa contoh cara merubah segmen pasar atau niche berdasarkan pengalaman para praktisi yang melakukannya.

 

1. Memperluas

Saat fokus pada niche atau segmen pasar tertentu, promosi memang lebih mudah tetapi Anda kehilangan peluang pasar lain.

 

Misalnya toko jualan lukisan. Awalnya terjadi penjualan di launching awal. Tetapi setalah itu penjualan kurang. Sudah dicoba menjual jenis lukisan berbeda tetapi tak berhasil.

 

Lalu beberapa customer menanyakan karya seni lain seperti patung, action figure, seni keramik, hiasan interior atau dekorasi lain. Barang-barang ini belum pernah dijual di toko Anda tetapi jika ini yang dicari customer, mengapa Anda tak coba menjualnya? Bisa saja penjualan dekorasi dan patung lebih sukses. Toko yang awalnya hanya jual lukisan sekarang menambahkan kategori lain yaitu patung dan dekorasi.

 

Bahkan Ford yang awalnya hanya menjual mobil berwarna hitam, sekarang menawarkan mobil berwarna lain.

 

Perubahan ini tak berarti merubah niche atau segmen pasar secara total bukan? Tetapi memperluasnya dengan menambahkan kategori produk.

 

2. Mempersempit

Cara berlawanan dari cara di atas untuk memperbaiki penjualan adalah dengan mempersempit niche atau segmen pasar. Ini alasan mengapa tidak jualan barang yang terlalu umum tetapi kali ini perlu lebih spesifik lagi.

 

Misalnya toko suplemen kesehatan menjual berbagai produk suplemen tetapi kita melihat bebetapa suplemen tingkat penjualan tinggi sedangkan yang lain tidak pernah ada penjualan.

 

Setelah melakukan analisi secara seksama ternyata yang paling laris adalah suplemen untuk program pelangsing dan fitness, maka diputuskan menambah produk betkatian dengan supelamen fitness sehingga calon pembeli bisa memiliki banyak pilihan seputar produk fitness dan pembentukan badan. Kemudian segmen pasar manjadi jualan suplemen fitness dan pelangsing.

 

3. Branding Ulang

Jika kepepet tak ada yang jalan, mungkin Anda perlu merubah spesialisasi toko Anda.

 

Tentu saja solusi radikal ini beresiko besar dan tak selalu mungkin diterapkan. Brand atau nama toko serta nama domain merupakan kendala karena biasanya mencerminkan isinya. Sehingga jika Anda tiba-tiba merubah segmen pasar atau niche, namanya terasa aneh tak selaras. Tetapi jika nama tak mencerminkan isi atau samar samar, ini mungkin lebih mudah dilakukan untuk merubah niche atau segmen pasar.

 

Ada toko yang dulunya menjual aksesoris biasa juga mengincar fans film terkenal atau pun game karena ia juga menjual pernak pernik bagi penggila film atau game.

 

Mempromosikan toko semata itu sulit tetapi menjual pernak pernik hobi tertentu bisa lebih baik. Meski begitu perlu bransing ulang untuk menjual produk khusus bagi penggila film atau video game. Jika nama domain tak jadi masalah dan terbukti manjur tentu ini bisa dijalankan.

 

Mencari niche atau segmen pasar yang menguntungkan itu pebting tetapi perlu juga dipeetimbangkan bahwa Anda perlu passion dan minat di bidang itu.

 

Kini Anda bisa berlangganan tips dan video tutorial gratis melalui email Anda dengan DAFTAR FREE di KursusSb1m.com

SB1M merupakan komunitas yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan tempat internet marketing di Indonesia. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau KLIK BANNER BERIKUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.