Macam Macam Sarana Komunikasi dengan Prospek | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing

Macam Macam Sarana Komunikasi dengan Prospek

Macam-Macam Sarana Komunikasi Bisnis dengan prospek

 

Urutan dari yang paling sering digunakan calon customer atau prospek untuk mengkontak kita ketika kita praktek belajar jualan online:

 

1. Whatsapp
Komunikasi dengan aplikasi ini tergolong murah karena hanya memakai kuota internet, bisa kirim gambar, video dan pesan, jika Anda bermain bisnis online, install aplikasi ini dan pasang no WA Anda di iklan atau website Anda agar bisa dikontak oleh calon customer. Menurut pengalaman mayoritas calon customer menghubungi penjual online dengan Whatsapp.

 

2. SMS
SMS relatif mengeluarkan biaya karena ada biaya pulsa per message atau pesan. Tapi sebagai penjual online saya juga sering terima pesanan lewat SMS, karena bisa saja pembeli masih menggunakan HP lama, atau tidak menginstall WA atau berada di area yang jaringan internetnya lemot.

 

3. Telepon
Tak jarang juga pembeli mencoba menelpon untuk memesan produk atau sekedar menanyakan informasi tentang produk atau jasa. Bahkan Gojek pun masih terhubung dengan SMS dan telepon HP bukan?

 

4. BBM
Meski tak sepopuler jaman keemasan HP Blackberry tapi, beberapa calon customer atau prospek masih add pin BB. Tak ada salahnya memasang PinBB di halaman penjualan atau website agar bisa berhubungan dengan Anda. Anda pun bisa mengumumkan infon terbaru lewat fasilitas announcement di BBM anda, juga lewat status BBM Anda.

 

5. Facebook
Baik Facebook Messenger mau pun komentar di FB Page kita bahkan postingan di status kita. FB populer tak hanya untuk bersosialisasi tetapi juga untuk pencitraan, kampanye politik dan juga efektif untuk jualan online.

 

6. Instagram
Aplikasi social media spesial untuk berbagi gambar dan video ini, bermanfaat juga untuk menambah follower yang sesuai dengan minat yang Anda incar, bahkan merkalah yang memfollow Anda. Anda pun bisa merespon pertanyaan komentar bahkan pesan lewat Instagram.

 

7. Line
Mulai banyak yang menggunakan aplikasi ini, selain akan terinfo berita terkini, calon customer juga bisa berkomunikasi dengan Anda melalui Line. Postingan di Home bisa terlihat orang lain apa lagi dengan kekuatan hashtag, bahkan teman-teman Anda bisa melihat apa yang Anda like, hal ini memungkinkan viral.

 

8. Email

Alangkah baiknya jika bisa berkomunikasi dengan calon customer melalui email, karena kita bisa membuat daftar email agar bisa mengirimkan info dan penawaran secara pribadi ke mereka. Tetapi untuk di Indonesia, mencek email atau pun berkirim email belum menjadi budaya dan ada juga calon customer yang belum punya email, sehingga mereka lebih suka menkontak penjual lewat SMS atau media lain. Bagaimana pun sebagai pebisnis online kita harus bisa menggiring mereka untuk mendaftarkan email mereka di data base kita.

Belajar Internet Marketing di SB1MNetpreneur.Com
Belajar Internet Marketing di SB1MNetpreneur.Com

Oh ya, ketujuh urutan di atas bisa berubah sesuai perkembangan jaman atau trend bahkan untuk saat ini urutannya pun bisa berbeda untuk jenis usaha yang berbeda.

Salam, See You at the Top

Mas Wahyu Didik
Praktisi Internet Marketing

SB1M merupakan komunitas netpreneur yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan kursus internet marketing di Indonesia. Anda bisa belajar pemasaran online untuk menunjang bisnis dan meningkatkan pendapatan dan anda akan diajari dari 0. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau PinBBM MASDIDIK

Gabung yuk di komunitas bisnis kami dengan KLIK gambar berikut.

banner 300 widget people

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *