Hal Perlu Diperhatikan Dalam Merancang User Experience | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
3 Hal Perlu Diperhatikan Dalam Merancang User Experience

3 Hal Perlu Diperhatikan Dalam Merancang User Experience

Tips Belajar Digital Marketing: 3 Hal Perlu Diperhatikan Dalam Merancang User Experience

Dalam praktek belajar digital marketing dan bisnis online, merancang user experience (UX) atau pengalaman pengguna, Anda perlu pertimbangkan 3 pilar pengalaman dari halaman online.

 

Ada 3 pilar pengalaman yang diberikan oleh halaman online suatu website, yaitu:

1. Kecepatan loading ( seberapa cepat halaman itu terbuka dan bagian-bagiannya muncul utuh di layar)

2. Responsif atau celat tanggap ( seberapa cepat reaksi halaman terhadap input dari pengguna )

3. Stabilitas visual ( apakah ada yang berputar-putar atau bermunculan di layar saat proses memuat halaman )

Apa yang diukur Google dari pengalaman pengguna?

Untuk mengukur aspek-aspek penting dari pengalaman pengguna ini, Google memilih tiga metrik yang cocok yang disebut – Core Web Vitals:

1. LCP, Largest Contentful Paint atau harafiahnya Lukisan Terbesar Keutuhan Konten: Hal ini mengukur berapa lama untuk bagian terbesar konten terbesar tampil di layar. Bisa berupa gambar atau blok teks. Nilai yang bagus diberikan oleh pengguna yang merasa bahwa situs loading dengan cepat. Situs yang lelet dapat membuat netizen atau user frustrasi, tentu saja metriknya rendah.

2. First Input Delay (FID) atau terjemahan harfiahnya Penundaan Input Pertama: Mengukur waktu dari pertama pengguna atau netizen berinteraksi pertama kali dengan website Anda ( misalnya saat mereka klik tautan, tap tombol online, atau menggunakan pencarian customer, inputan pendaftaran, atau fitut pengendali lain yang menggunakan JavaScript). Nilai bagus di sini diberikan jika pengguna perasaan bahwa situs cepat bereaksi terhadap input dan, karenanya, dianggap cepat tanggap atau responsif. Jika lambat, sekali lagi, dianhgap membuat frustrasi.

3. Content Layout Shift ( CLS ) atau terjemahan harafiahnya Perubahan Tata Letak Konten: CLS mengukur stabilitas visual situs Anda. Dengan kata lain, apakah ada bagisn bergerak di layar saat loading – dan seberapa sering itu terjadi? Sangat menyebalkan ketika mencoba mengklik tombol, munculah iklan yang loadingnya lambat. Anda bisa menemukan fenomena menyebalkan ini di situs porno atau pun situs film-film bajakan.

Jadi kenyamanan pengguna dalam membuka atau menggunakan website Anda berpengaruh pada SEO pada traffic.

Apakah website Anda nyaman digunakan?

Kursus Digital Marketing Jakarta  membuka kelas marketing online yang meliputi pembuatan website, SEO, social media marketing, dll yang bisa Anda ikuti dengan belajar dari rumah. Hadiri secara online webinar digital marketing belajar meningkatkan omzet secara online untuk usaha Anda di KursusSB1m.com.

SB1M merupakan komunitas yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan tempat internet marketing di Indonesia. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau KLIK BANNER BERIKUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.