Perkembangan bisnis dari dulu sampai sekarang dengan pertumbuhan dan perkembangan internet | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Perkembangan bisnis dari dulu sampai sekarang dengan pertumbuhan dan perkembangan internet

Perkembangan bisnis dari dulu sampai sekarang dengan pertumbuhan dan perkembangan internet

Perkembangan bisnis dari dulu sampai sekarang dengan pertumbuhan dan perkembangan internet

 

Dua dekade yang lalu, membuka usaha terutama toko cenderung di mulai dengan memilih tempat strategis, memasang iklan baris koran, mencetak dan sebar brosur, memasang papan reklame, sambil berharap customer di sekitarnya berkunjung dan membeli dari Anda.

 

Semua berubah dengan berkembangnya teknologi informasi yaitu internet. Suatu bisnis atau usaha tidak lagi bergantung pada customer atau pembeli di sekitar Anda agar survive. Anda bisa menjangkau mereka yang jauh dari Anda bahkan customer dari negara lain bisa melihat usaha Anda. Suatu bisnis tak harus mengirim tenaga salesnya untuk pergi ke luar kota untuk menebarkan brosur.

Evolusi bisnis internet

Cara berkomunikasi baik dengan customer, rekan bisnis mau pun karyawan juga berubah dramatis dengan berkembangnya internet sebagai alat komunikasi. Mengirim informasi bisa dilakukan dengan cepat baik dengan email, mau pun alat chat lain seperti Whatsapp, Facebook Messenger, mau pun Skype. Tak lagi menunggu berhari-hari untuk mengirim informasi untuk mereka di luar pulau.

 

Perkembangan internet pun memungkinkan mereka yang bekerja dari rumah tak harus hadir di kantor atau bertemu secara fisik, ini disebut telecommuting.

 

Dengan berkembangnya pemasaran online atau internet marketing, kemampuan merespon kebutuhan customer semakin tepat. Kompetisi tak hanya bersifat lokal tetapi mengglobal. Dengan pemasaran online, suatu usaha atau bisnis bisa mengetahui kebutuhan customer dan melakukan penawaran dengan bidikan tepat. Kebutuhan customer bisa dilihat dari survei, respond netizen dan komentar serta perilaku mereka di social media maupun dalam mencari info online. Untuk bisnis UKM tak harus mengirim tim survei pergi dari satu kota ke kota lain.

 

Pertumbuhan dan perkembangan internet memudahkan bisnis UKM atau Usaha Kecil Menengah sehingga tak harus memasang papan reklame yang besar atau banyak iklan berbayar di media cetak. Fasilitas periklanan online semakin berkembang dan ini menunjang pengembangan bisnis dalam memikat customer di kota mana pun bahkan dari negara lain dan ini dilakukan dari balik layar. Website, penempatan banner online, optimasi usaha Anda di mesin pencari Google atau pemasaran online SEO, memungkinkan kehadiran usaha Anda secara online dan dijangkau oleh ribuan calon customer.

 

Dengan kemajuan dunia online, semakin banyak fasilitas yang memudahkan para profesional dalam bekerja sama. Orang pun bisa belajar melalui seminar online yang disebut webinar.

 

Dalam hal riset pemasaran, dunia bisnis mulai menggunakan internet untuk riset pasar, riset produk, informasi minat pelanggan mau pun info harga. Dengan belajar internet marketing, Anda bisa melihat kompetisi dari produk mau pun jasa yang akan Anda tawarkan. Jika usaha Anda ingin mengekspansi lokasi tertentu, internet bisa digunakan untuk riset populasi secara online, kebutuhan customer, produk atau jasa apa yang laris di sana.

Ingin omzet meningkat? Sudah saatnya menyongsong perubahan dengan belajar internet marketing atau digital marketing. Gunakan kemajuan yang Ada untuk kemajuan usaha Anda.

KursusSb1m.com

SB1M merupakan komunitas netpreneur yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan kursus internet marketing di Indonesia. Anda bisa belajar pemasaran online untuk menunjang bisnis dan meningkatkan pendapatan dan anda akan diajari dari 0. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau PinBBM MASDIDIK

Gabung yuk di komunitas bisnis kami dengan KLIK gambar berikut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.