Belajar Internet Marketing Dasar: Website Bisnis Online vs Sosial Media untuk Bisnis Online | SB1M: Sekolah Kursus Belajar Internet Marketing
Website vs Sosial Media untuk Bisnis Online

Website vs Sosial Media untuk Bisnis Online

TIPS Belajar Internet Marketing Dasar: Website Bisnis Online vs Sosial Media untuk Bisnis Online

Saya sudah melakukan pemasaran online lewat social media. Perlukah punya website untuk usaha saya?

Banyak pemilik bisnis terutama UMKM berpikiran bahwa memiliki profil social media untuk bisnis mereka sudah cukup.

 

Mungkin Anda sudah memiliki Facebook page atau profil Instagram atau channel Youtube dengan banyak follower dan memiliki review yang baik atau setidaknya tak ada yang berkomentar buruk tentang usaha Anda. Ini luar biasa!

 

Tapi ada kelemahan jika hanya mengandalkan pemasaran online dengan social media marketing. Pertama, Anda akan selalu tergantung pada platform social media yang Anda pilih. Algoritma berubah, aturan berubah dan apa yang berhasil dilakukan belum tentu kedepannya punya efek yang sama. Bisa saja akun Anda kena banned atau akun untuk Facebook ads kena AME.

Wesbite vs sosial media untuk bisnis online

Jika Anda memiliki website sendiri, ini seperti rumah Anda atau toko di atas tanah Anda sendiri. Andalah yang mengkontrol konten dan info di dalamnya.

Jika Anda memiliki website untuk bisnis online Anda sendiri, Anda tak harus mengikuti aturan orang lain – ini beda jika Anda menggunakan sosmed di mana Anda harus patuh akan aturan mereka.

Belajar Internet Marketing di SB1MNetpreneur.Com
Belajar Internet Marketing di SB1MNetpreneur.Com

Trend juga berubah. Customer Anda mungkin dulu rajin mengakses Twitter. Sekarang mungkin rajin buka Instagram atau Facebook. Tapi bisa saja untuk ke depan mereka cenderung membuka platform jejaring sosial online yang baru. Sejarah membuktikan bahwa orang berpindah dari suatu alat atau media ke alat atau media selanjutnya. Ingat Friendster kan? Di sinilah website Anda bertindak sebagai jangkar. Tak pedili platform mana yang menjadi trend atau disukai customer, website Anda selalu bisa mereka temukan. Website Anda siap untuk siapa pun.

Bagaimana pun Anda tak perlu mempertentangkan antara social media dan website dalam praktek belajar internet marketing dasar. Anda tak perlu jadi pro yang satu dan anti yang lain. Keduanya saling melengkapi. Akan lebih baik jika pemasaran online dilakukan secara terintegrasi antara sosial media untuk bisnis dan website untuk bisnis. Keduanya punya kekuatan sendiri. Optimasi website di mesin pencari Google butuh waktu sedangkan dengan social media khusunya praktek belajar Facebook Ads Marketing atau pun jualan online lewat instagram efek dan responnya lebih cepat meski ads atau iklan online butuh biaya untuk beraktifitas.

Salam Sukses!

TIPS DAN VIDEO TUTORIAL GRATIS BISA ANDA DAPATKAN MELALUI EMAIL ANDA SECARA RUTIN DENGAN DAFTAR FREE MEMBER DI KursusSb1m.com

ATAU KLIK BANNER DI BAWAH

SB1M merupakan komunitas yang memberikan pelatihan kewirausahaan bisnis online dan tempat internet marketing di Indonesia. Info tentang SB1M hubungi Mas Wahyu Didik SMS/ WhatsApp 08170034382 atau KLIK BANNER BERIKUT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

The CAPTCHA cannot be displayed. This may be a configuration or server problem. You may not be able to continue. Please visit our status page for more information or to contact us.